Museum Saka Bali Masuk Daftar 100 Tempat Terbaik di Dunia 2024

Senin 29-07-2024,15:35 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Museum Saka di Bali baru saja mendapatkan pengakuan internasional sebagai salah satu dari 100 Tempat Terbaik di Dunia 2024 versi majalah Time.

Pengumuman ini dirilis pada Kamis, 25 Juli 2025, dan menjadikan Museum Saka sebagai satu-satunya tempat di Indonesia yang termasuk dalam daftar prestisius ini.

Museum yang terletak di dalam Ayana Estate Bali di kawasan Jimbaran ini resmi dibuka pada Maret 2024, bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

Museum Saka menawarkan pengalaman budaya yang mendalam melalui koleksi seni dan artefak bersejarah.

BACA JUGA:Mengulik Cerita Tentara Bayaran dalam Sejarah Jawa

BACA JUGA:Menelusuri Jejak Sejarah di Petilasan Ratu Putri Shuhita di Desa Jatirejo

Pengunjung dapat menikmati pameran yang mencakup patung-patung, pintu istana dari abad ke-18 dan ke-19, kalender Bali dari kayu, serta naskah kuno yang ditulis di lontar.

Selain itu, museum ini memiliki koleksi gamelan dan alat musik lainnya, serta ruangan teater yang menampilkan video tentang budaya Bali.

Yang paling menarik perhatian adalah 10 ogoh-ogoh berukuran besar, patung tradisional yang digunakan dalam perayaan Hari Raya Nyepi.

Ogoh-ogoh ini menggambarkan roh-roh mitologis dan dipersembahkan dengan teknologi modern yang memungkinkan mereka bergerak seperti robot.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-19 Maksimalkan Recovery Jelang Final Piala AFF U-19 2024

BACA JUGA:Kehidupan Para Bidadari Setelah Pengalaman Nawang Wulan Menjadi Istri Jaka Tarub

Daftar 100 Tempat Terbaik di Dunia 2024 juga mencakup 50 destinasi wisata dan 50 hotel, berbeda dari format tahun lalu yang hanya mencantumkan kota-kota besar.

Editor majalah Time menyoroti bahwa tren perjalanan mencerminkan keinginan manusia untuk melarikan diri dari stres dan tanggung jawab sehari-hari.

Daftar ini dibuat dengan dukungan New Murraba, pengembangan real estat serba guna di Arab Saudi.

Kategori :