Pemprov Sumsel Terapkan Manajemen Talenta

Selasa 23-07-2024,12:06 WIB
Reporter : Andika
Editor : Andika

Palembang, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menerapkan Manajemen Talenta sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pemerintahan daerah. 

Hal ini disampaikan oleh Pj Sekda Provinsi Sumsel, Drs H Edward Chandra, MH saat membuka kegiatan Manajemen Talenta di Lingkungan Pemprov Sumsel dan Peresmian Pelaksanaan Uji Kompetensi Pejabat di Hotel Novotel Palembang, Senin (22/7/2024).

"Manajemen Talenta merupakan salah satu metode pengelolaan SDM yang dikembangkan untuk mencari, mengelola, mengembangkan dan mempertahankan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terbaik yang dipersiapkan sebagai calon pemimpin masa depan dalam rangka mendukung pencapaian visi, misi, dan strategi organisasi dalam jangka panjang," jelas Edward Chandra.

Lebih lanjut, Edward Chandra menjelaskan bahwa Manajemen Talenta ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ASN yang profesional guna menduduki jabatan strategis.

BACA JUGA:Kisah Kerajaan Termasyhur di Kalimantan Selatan Terusik Burung Raksasa

"Melalui BKD, kita akan mencari kelompok orang-orang yang bertalenta dan disebut sebagai talent pool.

Mereka yang teridentifikasi memiliki talenta akan dikembangkan dalam jangka waktu tertentu dan diperlakukan sebagai suatu investasi bagi organisasi," terangnya.

Ia menambahkan, identifikasi ASN yang bertalenta dilakukan melalui Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan. 

"Penilaian terhadap potensi dan kompetensi pegawai dilakukan dalam rangka pemetaan dan penyusunan profil baik untuk Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pelaksana," imbuhnya.

BACA JUGA:Sejarah dan Peran Penting Kerajaan Melayu di Sumatera Jambi, Simak Berikut Asal Usul Dan Pendiriannya

Edward Chandra menegaskan bahwa Manajemen Talenta ini penting untuk mewujudkan ASN yang profesional dan ber-AKHLAK, pemerintahan yang efektif dan efisien, serta terbuka dan bebas KKN.

Sementara itu, Kepala BKD Provinsi Sumsel, Ismail Fahmi, S.IP, M.Si mengatakan bahwa tujuan kegiatan Manajemen Talenta ini adalah untuk terselenggaranya sistem merit di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

"Melalui Manajemen Talenta ini, diharapkan setiap instansi pemerintah memiliki peta kompetensi jabatan untuk setiap pegawai sehingga tersedianya Profil Kompetensi, Profil Kinerja dan Kotak Manajemen.

Talenta ASN ini merupakan langkah awal dalam menyelenggarakan sistem merit manajemen aparatur negara," beber Ismail Fahmi. (*)

Kategori :