Daihatsu Sigra Merajai Pasar Mobil Indonesia

Selasa 23-07-2024,07:36 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Daihatsu Sigra sukses menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan mencapai 26.016 unit sepanjang Januari hingga Mei 2024. 

Sigra telah menjadi kontributor utama penjualan Daihatsu selama beberapa tahun terakhir. 

Menurut Tri Mulyono, Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI DSO), tingginya penjualan Sigra disebabkan oleh harga mobil hemat ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) di segmen multi purpose vehicle (MPV) yang terjangkau, kapasitas besar, luas, dan irit bahan bakar.

“Tak banyak produk di Indonesia yang bisa memenuhi berbagai dimensi kebutuhan akan efisiensi sebaik Sigra,” ujar Tri Mulyono kepada wartawan di sela-sela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Banten, Senin (22/7).

BACA JUGA:Super GT: Dunia Balap Mobil GT Terkenal dari Negeri Matahari Terbit

Tri Mulyono optimistis hingga akhir 2024, pihaknya bisa mempertahankan market share Sigra di kelas 4x2 LCGC MPV Market sebesar 60,2 persen, naik signifikan dari tahun 2023 yang mencatat penjualan 63.285 unit dengan market share 58,5 persen.

Kepala Wilayah Sumatera Bagian Utara PT AI-DSO, Edy Susanto, juga mengonfirmasi popularitas Sigra di wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. 

Sigra menjadi mobil paling laris di wilayah tersebut dengan penjualan 700 unit per bulan dan market share 57,8 persen. Edy berharap hingga akhir tahun, market share Sigra bisa menembus 65 persen dengan volume penjualan sekitar 750 unit per bulan. 

“Keunggulan Sigra sudah teruji durability-nya serta harga resale value-nya sangat baik dan dicari orang, sehingga menambah daya tarik Sigra sebagai mobil keluarga,” kata Edy.

BACA JUGA:Berapa Harga Daihatsu Xenia Generasi Pertama? Ini Jawabannya!

Di wilayah Indonesia Timur, Sigra juga menjadi pilihan utama konsumen. Kepala Wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur AI DSO, Tulus Pambudi, menjelaskan bahwa Sigra berada di peringkat teratas penjualan mobil dengan market share 52,31 persen. 

Berdasarkan data registrasi kepolisian (Polreg), penjualan Sigra meningkat dari rata-rata 460 unit per bulan pada tahun lalu menjadi 494 unit per bulan pada triwulan pertama 2024, dengan penjualan mencapai 532 unit pada Mei 2024.

“Melihat progres polreg tiga bulan terakhir ini, kami optimistis Sigra akan terus mengalami kenaikan sampai akhir tahun nanti dengan market share 52,5 persen. Itu akan menjadi market share tertinggi, karena tahun lalu hanya 49,43 persen,” papar Tulus. 

Menurut Tulus, alasan konsumen di Indonesia Timur memilih Sigra karena harganya terjangkau, fitur-fitur modern, model menarik, biaya perawatan murah, harga jual kembali tinggi, dan multifungsi sebagai kendaraan keluarga atau usaha seperti taksi online atau rental.

BACA JUGA:Mobil Jenazah Terguling Disundul Daihatsu Ayla dari Samping, Kejadian di Lampu Merah!

Kategori :