24 Hours of Le Mans, Menyelami Keajaiban Balapan Ketahanan Legendaris

Minggu 21-07-2024,18:10 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - 24 Jam Le Mans adalah salah satu balapan ketahanan paling prestisius dan legendaris dalam dunia motorsport.

Diadakan setiap tahun di Circuit de la Sarthe, Prancis, balapan ini telah menjadi simbol inovasi teknologi dan ketahanan fisik serta mental, menarik perhatian penggemar balap dan tim-tim dari seluruh dunia.

Berikut adalah panduan lengkap tentang apa yang membuat 24 Jam Le Mans begitu istimewa.

BACA JUGA:Kejuaraan Balap Mobil Terbaik di Dunia! Apa Beda F1, Formula E, IMSA, dan NASCAR?

BACA JUGA:Cadillac Ungkap Keunikan Mesin V8 Alami pada Mobil Balap LMDh

Sejarah dan Asal Usul

24 Jam Le Mans pertama kali diadakan pada tahun 1923 dan sejak itu menjadi salah satu acara balap yang paling ikonik.

Balapan ini didirikan oleh Automobile Club de l'Ouest (ACO) dengan tujuan untuk menguji ketahanan kendaraan dan keandalan teknik otomotif dalam lomba yang berlangsung selama 24 jam nonstop.

Format dan Aturan Balapan

Balapan ini berlangsung selama 24 jam di Circuit de la Sarthe, sebuah sirkuit yang memadukan bagian jalan raya umum dengan sirkuit balap permanen.

Tim-tim balap terdiri dari tiga pengemudi yang bergantian mengemudikan mobil mereka sepanjang balapan, mengatur strategi untuk pit stop, pengisian bahan bakar, dan pergantian pengemudi. 

BACA JUGA:Mobil Ikonik 'Drift King' Keiichi Tsuchiya, Toyota Sprinter Trueno AE86, Siap Tampil di Indonesia

Kelas dan Mobil

24 Jam Le Mans terdiri dari beberapa kelas mobil, masing-masing dengan karakteristik teknis dan performa yang berbeda. Kelas utama adalah LMP1 (Le Mans Prototype 1) dan LMP2 (Le Mans Prototype 2), yang merupakan mobil prototipe khusus untuk balapan ketahanan.

Selain itu, ada juga kelas GTE-Pro dan GTE-Am, yang melibatkan mobil GT yang lebih dekat dengan kendaraan jalan raya yang diproduksi secara massal.

Kategori :