Anggaran Penyelenggaraan Pilkada Sudah Disalurkan Seratus Persen, Ini Buktinya!

Kamis 18-07-2024,06:50 WIB
Reporter : Adi Candra
Editor : Adi Candra

MUARA ENIM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim berhasil meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri berkat komitmen dan dukungan penuh dalam penyaluran pembiayaan 100 persen yang bersumber dari APBD untuk penyelenggaraan pilkada di Muara Enim.

Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, MA, yang didampingi oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Juli Jumatan Nuri, SE, menyatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat atas dedikasi Pemkab Muara Enim dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

“Penghargaan ini diserahkan pada Rapat Asistensi Pendanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Jakarta, Senin lalu (15/7),” ujar Rizali.

Menurut Rizali, dukungan anggaran dari Pemkab Muara Enim untuk Pilkada 2024 mencapai total Rp111,8 miliar. 

BACA JUGA:Dongkel dan Buka Pintu Belakang Rumah Demi Curi Hp, Pemuda 20-an Tahun Ini Ditangkap

Rinciannya, Rp76,2 miliar dialokasikan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rp23,2 miliar untuk Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Rp7,7 miliar untuk Polres Muara Enim, dan Rp4,7 miliar untuk Kodim 0404/Muara Enim. 

Seluruh anggaran tersebut berhasil disalurkan 100 persen tanpa ada Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa).

"Pemkab Muara Enim akan terus berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada KPUD, Bawaslu, TNI, dan Polri dalam menjalankan tugasnya demi terwujudnya pilkada serentak yang lancar, aman, dan demokratis di Bumi Serasan Sekundang," tegasnya.

Rizali juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Muara Enim, KPUD, Bawaslu, TNI, dan Polri atas kerja keras dan dedikasinya dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Kebakaran Empat Lawang: Daftar Rumah Warga Terdampak di Desa Kota Gading

"Semoga Pilkada Serentak di Kabupaten Muara Enim ini berjalan dengan lancar dan kondusif serta partisipasi yang tinggi," harapnya.

Penghargaan ini menunjukkan bahwa Pemkab Muara Enim siap dan serius dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada 2024, memastikan bahwa proses demokrasi di wilayah ini berjalan dengan baik dan mendapatkan kepercayaan penuh dari pemerintah pusat. (*)

 

 

Kategori :