Suara Anjing Bisa Diterjemahkan Menggunakan AI, Kok Bisa?

Minggu 14-07-2024,19:10 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

BACA JUGA:Misteri Jalan Jendral Sudirman: Antara Hiruk Pikuk dan Keangkeran

Model AI yang dilatih pada manusia dan anjing ini mampu mengidentifikasi emosi anjing dengan akurasi 62%, ras dengan akurasi 62%, jenis kelamin dengan akurasi 69%, dan mengidentifikasi anjing tertentu dari sekumpulan anjing dengan akurasi 50%.

Semua skor ini melampaui model AI yang baru saja dilatih pada anjing, yang menunjukkan bahwa suara dan pola yang berasal dari ucapan manusia berpotensi menjadi dasar untuk memahami hewan.

Dalam mencoba mengurai emosi di balik gonggongan anjing, para peneliti berhipotesis bahwa vokalisasi anjing terkait dengan konteksnya.

Bukti yang ada menunjukkan bahwa suara yang dikeluarkan monyet dan anjing padang rumput dapat diprediksi berdasarkan konteks situasi yang mereka hadapi.

BACA JUGA:Nuansa Mistis di Jalan Gunung Jetak: Jalur Sepi yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Pohon Baobab: Raksasa Purba yang Menjulang di Avenue of Baobabs

Beberapa emosi yang coba peneliti tetapkan pada anjing dalam penelitian ini adalah gonggongan agresif, gonggongan normal, pekikan negatif, dan dengusan negatif.

Meskipun anjing mungkin mengalami lebih banyak emosi, suara-suara ini sebagian besar tersedia dalam kumpulan data mereka.

"Dengan menggunakan model pemrosesan suara yang awalnya dilatih pada ucapan manusia, penelitian kami membuka jendela baru tentang bagaimana kami dapat memanfaatkan apa yang telah kami bangun sejauh ini dalam pemrosesan suara untuk mulai memahami nuansa gonggongan anjing," kata Mihalcea.

Ke depannya, para peneliti mengatakan bahwa mereka ingin menguji lebih banyak ras, emosi, dan spesies untuk memahami sejauh mana teknologi ini.

BACA JUGA:Ribuan Masyarakat Bengkulu Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H dengan Festival Tabot Bengkulu 2024

BACA JUGA:Cara Ampuh Menghilangkan Uban Secara Alami Tanpa Cat Rambut

Ini adalah pertama kalinya model ucapan manusia digunakan untuk memecahkan kode komunikasi hewan, dan ini bisa menjadi dasar untuk memahami bahasa hewan.

Meskipun penelitian ini tentu saja tidak definitif dalam mengurai makna dari semua gonggongan anjing, para peneliti melihatnya sebagai langkah yang menjanjikan ke arah itu. (*)

Kategori :