PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal? Ada UGM dan Unsri, Berikut Daftarnya!

Minggu 16-06-2024,08:56 WIB
Reporter : DWIKA
Editor : DWIKA

3. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Unsri menawarkan Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Unsri dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) tanpa tambahan uang pangkal, membuka akses pendidikan yang lebih mudah dan terjangkau.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

UGM menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) dalam seleksi mandirinya. 

Sistem ini memastikan akses pendidikan yang inklusif, dengan mahasiswa mampu membayar UKT tertinggi dan SSPU, sedangkan yang kurang mampu dibebaskan dari SSPU dan mendapatkan UKT terjangkau.

BACA JUGA:Penerimaan Mahasiswa Baru Kedokteran UNY 2024 Masih Dibuka, Berikut Jadwal dan Jalurnya

5. Universitas Terbuka (UT)

UT mengadopsi Sistem Pembayaran Paket Semester (SIPS) dalam seleksi mandirinya, membebaskan mahasiswa dari uang pangkal. 

Sistem ini memungkinkan mahasiswa mengikuti seleksi tanpa khawatir biaya awal besar dan membayar UKT sesuai kemampuan ekonomi.

6. Universitas Islam Negeri (UIN) 

Seluruh UIN di Indonesia, termasuk IAIN dan STAIN, tidak memungut uang pangkal dalam jalur mandiri berdasarkan Keputusan Menteri Agama tahun 2023. 

UIN terbaik yang bisa dipertimbangkan antara lain UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Walisongo Semarang.

BACA JUGA:Cara Cek PTN Penerima KIP Kuliah 2024 Berikut Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri

Jangan Putus Asa, Raih Peluangmu!

Walaupun tidak lolos SNBT, masih banyak peluang yang terbuka lebar untuk meraih mimpi di PTN. 

Jalur mandiri tanpa uang pangkal di berbagai PTN unggulan menjadi bukti komitmen dalam membuka akses pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kategori :