Pentingnya Protein dalam Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Rabu 12-06-2024,06:51 WIB
Reporter : DWIKA
Editor : DWIKA

Telur adalah sumber protein lengkap yang menyediakan 9 asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein.

Telur bisa dimasak dalam berbagai cara seperti direbus, digoreng, atau dijadikan omelet, menjadikannya pilihan sarapan yang sangat fleksibel.

BACA JUGA:Makanan Pemicu Gula Darah Tinggi

4. Tahu

Tahu mungkin bukan pilihan sarapan yang umum, tetapi merupakan bahan serbaguna yang kaya protein.

Setengah cangkir tahu mengandung sekitar 22 gram protein dan kurang dari 2 gram lemak jenuh.

Selain itu, tahu juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung dan probiotik nabati yang mendukung kesehatan usus.

Isoflavon dalam tahu juga menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Tips dan Sumber Makanan Sehat untuk Balita yang Aktif dan Sehat

 5. Salmon

Salmon adalah sumber protein yang baik dengan 17 gram per 3 ons. Selain protein, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3, vitamin D, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan membuat pembuluh darah lebih elastis.

Cobalah memasukkan salmon ke dalam sarapan Anda dengan membuat salad sarapan nontradisional dengan salmon asap dan telur rebus atau salmon bagel.

BACA JUGA:5 Makanan Sehat untuk Tumbuh Kembang Optimal Balita

 6. Kalkun Giling

Kalkun giling adalah sumber protein tanpa lemak yang sering digunakan dalam resep makan siang dan makan malam, tetapi juga merupakan pilihan yang bagus untuk sarapan.

Kategori :