Tagihan Listrik Membengkak: Ini 4 Benda yang Harus Diatur Komsumsinya

Kamis 04-04-2024,11:43 WIB
Reporter : DWIKA
Editor : RISKI SAPUTRA

RAKYATKEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Tagihan listrik yang membengkak seringkali menjadi menakutkan bagi banyak rumah tangga. Banyak dari kita berpikir bahwa penggunaan AC adalah penyebab utama dari tagihan yang tinggi.

Namun, kenyataannya, AC tidak termasuk dalam daftar barang-barang di rumah yang mengonsumsi listrik paling banyak. Lalu, apa saja benda di rumah yang harus kita atur konsumsinya agar tagihan listrik tidak membengkak?

1. Kulkas

Kulkas merupakan salah satu benda di rumah yang mengonsumsi listrik paling banyak. Ukuran, pengaturan suhu, usia kulkas, dan lokasi tempat kulkas diletakkan adalah faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi energi.

BACA JUGA:Pj. Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, AP., MM. Terima Audiensi dari PT. PLN (Persero)

Untuk mengurangi pengeluaran listrik, pertimbangkan untuk menggunakan pengukur energi dan mempertimbangkan untuk mengganti kulkas yang lebih efisien jika diperlukan.

2. Pemanas Air

Menurut National Grid, pemanas air dapat menjadi salah satu penyebab tagihan listrik yang tinggi. Anda dapat mengukur efisiensi unit pemanas air Anda dengan melihat faktor energi (EF), ukuran, peringkat jam pertama, dan jenis bahan bakar.

Mengacu pada panduan Departemen Energi juga dapat membantu Anda memilih pemanas air yang lebih hemat bahan bakar.

3. TV dan Konsol Game

BACA JUGA:Berharap Gi Beroperasi Di HUT Ke 17 Empat Lawang PJ Bupati Lakukan Audiensi Ke ULP PLN Tebing Tinggi

Biarkan TV menyala saat tidak digunakan atau lupa mematikan konsol game bisa menjadi kebiasaan buruk yang menguras energi listrik dan mengakibatkan tagihan yang lebih tinggi.

Menurut tinjauan komparatif oleh CNET, layar plasma merupakan yang paling boros energi. Pertimbangkan untuk beralih ke TV LED dan pastikan untuk mematikan perangkat saat tidak digunakan.

4. Lampu

Penerangan rumah tangga menyumbang sebagian besar dari konsumsi energi nasional. Anda bisa mengurangi tagihan listrik dengan beralih ke lampu yang lebih efisien dan hemat energi.

Kategori :