RAKYATEMPATLAWANG.COM - Motor matic Honda saat ini sudah menggunakan rangka eSAF pada motor Honda pertama kali digunakan pada Honda Genio tahun 2019.
Astra Honda Motor (AHM) semakin meluaskan penggunaan rangka Esaf pada produk-produk motor maticnya.
Selain Genio, kini ada Honda BeAT, Scoopy, dan Vario 160 yang sudah menggunakan rangka eSAF.
Ada beberapa keunggulan dari motor matic Honda yang menggunakan rangka eSAF yang dikenal ringan.
BACA JUGA:Polres Empat Lawang Gelar Simulasi Pemungutan Suara
Rangka eSAF hanya memiliki berat 11 kg, sehingga bisa membuat motornjauh lebih ringan dari segi handling.
Pun dengan kecepatan yang dihasilkan, bisa lebih tinggi karena bobot motor yang tidak tinggi.
Alhasil power weight to ratio motor menjadi lebih rendah, meskipun menggunakan mesin kecil, karena bobot motornya ringan bisa menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi.
"Rangka eSAF masih kita pertahankan karena ini adalah yang terbaik untuk motor Honda dan banyak keunggulannya," tutur Vice President Director AHM, Thomas Wijaya.
BACA JUGA:Bunga Kenanga: Mitos dan Kepercayaan Seputar Pemicu Mimpi Buruk
"Baik itu dari segi handling, feel berkendara yang lebih baik, juga ukuran bagasi yang bisa lebih besar," lanjutnya.
Dari rangka eSAF juga bisa membuat ukuran bagasi dan tangki bensin menjadi lebih besar.
Tak heran kalau ukuran tangki bensin Genio, BeAT, Scoopy dan Vario 160 bisa lebih besar, pun dengan ukuran bagasinya.
Secara teknologi, juga motor-motor matic Honda yang diluncurkan sejak 2019 sudah memiliki answer back system yang bisa 'memanggil' motor.
BACA JUGA:Jangan Dianggap Remah: 5 Mitos Kejawen Saat Menanam Bunga Kenanga di Depan Rumah
Jadi saat lupa posisi parkir motor, answer back system ini bisa menimbulkan bunyi dari motor dan pemilik bisa langsung menentukan posisi motor.
Di Vario 160 sebagai motor yang paling besar dengan menggunakan rangka eSAF, maka fitur teknologinya pun sudah lebih canggih.
Seperti ada varian yang sudah menggunakan rem ABS, dan speedometer digital. (*)