WOW! Ternyata Banyak Harta Karun di Ternate, Ada Istana Sultan dan Mahkota Berambut

Rabu 08-11-2023,08:54 WIB
Reporter : Mael
Editor : Mael

TERNATE, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Maluku Utara, sebuah provinsi yang kaya akan sejarah, budaya, dan alam yang memukau. 

Di antara berbagai destinasi menarik di sana, Kesultanan Ternate menjadi salah satu pusat perhatian dengan Keraton Kesultanan yang megah. 

Mari kita menjelajahi keindahan Maluku Utara dengan mengunjungi beberapa tempat menarik di daerah ini.

1. Keraton Kesultanan Ternate

BACA JUGA:Misteri Harta Karun Kesultanan Ternate di Danau Tolire

Keraton Kesultanan Ternate adalah bangunan bergaya Eropa abad ke-19 yang didirikan oleh Sultan Mohammad Ali pada tahun 1823. 

Kini, keraton ini telah berubah menjadi tempat kediaman Sultan Ternate dan museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah. 

Terletak di dataran pantai Kampung Soa-Sio, Kelurahan Letter C, Kodya Ternate, Kabupaten Maluku Utara, keraton ini berdiri di atas tanah seluas 44.560 meter persegi.

Keraton Kesultanan Ternate menjadi bangunan bersejarah yang dilindungi oleh pemerintah, dengan usaha pelestarian yang dilakukan melalui pemugaran pada tahun 1981-1982. 

BACA JUGA:Mau Tahu Ini Daftar Negara Ter Didunia, Indonesia Ter Apa ya.? Simak Disini.!

Pada 29 April 1982, Keraton Kesultanan Ternate selesai direnovasi dan diresmikan oleh Mendikbud Dr. Daud Jusuf.

Dalam keraton ini, Anda dapat menemukan Mahkota Berambut Kesultanan Ternate, sebuah benda bersejarah yang memiliki nilai sakral bagi masyarakat Ternate. 

Konon, rambut yang melekat pada mahkota ini tumbuh setiap tahun, dan upacara potong rambut diadakan setiap malam Idul Adha. 

Mahkota ini disimpan di kamar Puji yang sangat disakralkan, dan hanya orang-orang tertentu yang diizinkan masuk ke kamar tersebut, termasuk Sultan dan sang Permaisuri.

BACA JUGA:Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin Hadiri Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa di Jakarta

Kategori :