Tahukah Kamu Ada Tiga Negara Berkonflik yang Berhasil Didamaikan Indonesia? Ini Rincinya!

Selasa 18-07-2023,05:57 WIB
Reporter : itdisway
Editor : Adi Candra

Tahukah Kamu, Ada Tiga Negara Berkonflik yang Berhasil Didamaikan Indonesia, Ini Rincinya

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sesuai dengan amanah undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945 alinea keempat.

BACA JUGA:Kisah Penelitian Siswa 11 Kali Ditolak Di Indonesia, Menarik nya Malah Mendapatkan Pujian Geogle

Indonesia turut serta menjaga dan menciptakan perdamaian dunia, dan alhamdulillah setidaknya ada tiga negara yang telah berhasil di damaikan atas konplik antar negara, berdasarkan laman Snack vidio dunia edukasi yaitu:

BACA JUGA:Ternyata Begini Tradisi “Pantauan Bunting” di Kabupaten Lahat, Yuk Simak Ini Penjelasanya

1. Konplik perbatasan Thailan dan Kamboja Konplik ini terjadi di salah satu kikono perbatasan Thailan dan Kamboja. Yang merupakan perbatasan yang di sengketakan Konplik antar kedua negara ini akhirnya bisa asi selesaikan melalui mentri Indonesia yaitu Marty Natalegawa dwngan melakukan shuttle Diplomacy

BACA JUGA:Walikota Lubuklinggau dan DPRD Akan Buat Dukungan Bersama Untuk Pemekaran Sumselbar

2. konplik Kamboja dan Vietnam Ditahun 1998, Indonesia pernah menjadi tuan rumah, Jakarta International Metting (JIM) untuk menyelesaikan konplik antar negara Kamboja dan Vietnam Hasilnya asalah Vietnam menarik pasukannya dari Kamboja dan situasi damai di Kamboja pun tercipta.

BACA JUGA:Saranjana Dimana? Kota Gaib di Kalimantan Selatan Bikin Bulu Kuduk Merinding

3. konplik Etnis Rohingya dan Myanmar Konplik etnis Eohongya dan Myanmar ini terjadi perbincangan di luar NegeriNegeri, Indonesiapun turut membantu untuk memberikan perlindungan melalui menteri aluar anegeri Indonesia ibu Retno MarsudiMarsudi. 

BACA JUGA:10 Youtuber Terkenal, Ternyata Penghasilan Raffi Ahmad dan Atta Halilintar Kalah Oleh Youtuber Ini

Ibu Retno saat itu melakukan Negosiasis dengan panglima Myanmar dan melakukan hubungan hubungan ke Myanmar dan Bangkades untuk menyelesaikan konplik tersebut. 

BACA JUGA:Ritual Pesugihan: Mitos, Realitas, dan Dampak Bagi Masyarakat

Nah, dari sumber lain reskasi koran ini mendapatkan ada satu negara lagi yang berkonplkk dan bisa di perdamaikan oleh negara kita Indonesia yakni Konflik Filipina dengan Bangsa Moro

BACA JUGA:Geger! Warga Tanjung Beringin Baru Temukan Mayat yang Sudah Membusuk

Perdamaian di Filipina berawal pada awal periode 1980-an, saat Presiden Ferdinand Marcos berusaha mencari dukungan dari negara-negara Timur Tengah dan Indonesia untuk menyelesaikan konflik dengan Bangsa Moro di Mindanau.

BACA JUGA:Kapan Malam 1 Suro Tahun Ini? Berikut Jawabannya dan Ritual yang Dijalankan!

Saat itu Moro ingin merdeka dan memisahkan diri dari Filipina. Marcos bertemu dengan Soeharto di Jakarta, meminta penyelesaian soal Moro agar tetap menjadi bagian Filipina. Soeharto menerima permintaan Marcos.

BACA JUGA:Pantes Prabumulih Dijuluki Kota Nanas, Ternyata Ini Alasannya!

Indonesia setuju untuk mendamaikan konflik dengan syarat Bangsa Moro tetap menjadi bagian dari Filipina. Langkah perdamaian ini diteruskan oleh pengganti Marcos, Presiden Corazon Aquino. Pada 1989, disepakati otonomi daerah istimewa untuk kawasan Muslim Mindanau.

BACA JUGA:Camat Tebing Tinggi Akan Segera Tunjuk BG4L Untuk Jadi Duta Sedekah Tengkat Dalam Waktu Dekat

Namun hal itu tak lantas membuat konflik selesai. Akhirnya perjanjian damai bisa diteken antara kedua pihak tahun 1996.(*).

Kategori :