Tujuh Desa Tidak Terima Dana Desa, Kok Bisa ya.? Bagaimana dengan Desa mu

Selasa 27-06-2023,06:23 WIB
Reporter : itdisway
Editor : Adi Candra

 

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Di saat kepala deaa gencar membanagun desa dengan Dana Desa tapi tidak bagi desa yang berikut ini. Setidaknya ada 74.961 desa mendapatkan Dana Desa, ternyata masih ada desa yang tidak Terima Dana Desa. Kok bisa ya.?

BACA JUGA:Rezeki Hari Raya, Warga Desa Ini Terima Sejumlah Uang Dari Kepala Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (MendesnPDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan tidak semua desa yang berjumlah 74.961 desa mendapatkan Dana Desa.

BACA JUGA:Desak Pimpinan Ponpes Al Zaytun Ditangkap, UAS : Salahi Syariat Islam

Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201 Tahun 2022, saat ini terdapat tujuh desa yang tidak mendapatkan penyaluran Dana Desa. “Tidak semua desa mendapatkan penyaluran dana desa karena berbagai hal," kata menteri yang akrab disapa Gus Halim ini dalam acara Ngopi Bareng, sepertindilansir di kemendesa.go.id

BACA JUGA:Apakah masa jabatan kades Jadi 9 tahun? mengapa Jabatan Kades 9 Tahun

Menurut Gus Halim, sebab desa tidak mendapatkan dana desa karena tiga hal. Yaitu yang pertama, rekomendasi Badan Pemeriksan Keuangan (BPK). Kedua, desanya tidak ada dan belum dicabut dari daftar yang diregister Kemendagri dan Ketiga karena hal-hal lainnya.

BACA JUGA:Siap-siap Desa di Sumsel Bakal Diguyur Bangub Rp100 Juta per Tahun, Bila...

Adapun Tujuh Desa yang tidak mendapatkan Dana Desa Gus Halim memperinci yaitu dua desa yang terdampak Lumpur Lapindo di Sidoarjo yaitu Desa Renokenongo dan Desa Kedungbendo. "Ketiga, Desa Kanekes di Kabupaten Lebak Banten karena secara kuktular belum bisa menerima kehadiran Dana Desa," kata Doktor Honoris Causa dari UNY.

BACA JUGA:Luas Biasa, Kota Ini Paling Strategis, Terhubung 3 Ruas Tol dan Pelabuhan

Terkait desa Kenekes, Kemendes pun sudah berikhtiar memahamkan pentingnya Dana Desa bagi pembangunan di Kenekes. Keempat, Desa Alur Jambu di Kabupaten Tamiang Aceh karena kawasan desa itu adalah kawasan perkebunan.

BACA JUGA:Puncak HANI 2023 di Kabupaten Empat Lawang, Momentum Kampanye Masif P4GN

Kelima, Desa Wanarejo Kabupatan Balangan di Kalimantan Selatan. Keenam, Desa Baturaja Kabupaten Aceh Barat di Nangroe Aceh Darussalam dan ketujuh, Desa Misabugoid Kabupaten Manokwari di Papua Barat.(*).

Kategori :