Kabar Terbaru 2 Orang Mahasiswa Asli Empat Lawang yang Terjebak di Perang Sudan

Jumat 28-04-2023,18:55 WIB
Reporter : Anita Silvia
Editor : Mael

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah Indonesia melakukan evakuasi WNI secara bertahap dari Sudan ke Indonesia. Evakuasi dilakukan karena pecahnya perang saudara di Sudan pada pertengahan April bulan Ramadhan lalu. 

Negara Republik Sudan adalah negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Negara ini berbatasan dengan Mesir di utara, Laut Merah di timur laut, Eritrea di timur, Ethiopia di tenggara, Afrika Tengah di barat daya, Chad di barat, Libya di barat laut, dan Sudan Selatan di selatan. Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia.

BACA JUGA:2 Mahasiswa Asli Empat Lawang Terjebak di Perang Sudan

Sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Sudan dan telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Jumat (28/4/2023) pukul 05:46 WIB. 2 diantaranya ialah mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. 

Berdasarkan hasil penelurusan wartawan Rakyat Empat Lawang (REL), kedua mahasiswa tersebut ialah Moh Iqbal Pratama dan Adelia Pratiwi.

Moh Iqbal Pratama dari Desa Lubuk Tapang, Kecamatan Lintang Kanan. Dan Adelia Pratiwi dari Desa Karang Gede, Kecamatan Sikap Dalam.

BACA JUGA:Ini 7 Nama Mahasiswa Asal Pagar Alam yang Terjebak di Perang Sudan, Ada Perempuanya?

Informasi yang diperoleh dari keterangan Yukanti selaku orang tua dari Adelia Pratiwi bahwa kedua mahasiswa dari Empat Lawang tersebut baik-baik saja, tanpa ada yang kurang sedikitpun.

"Kalau Adelia sudah berada di Jakarta di asrama haji. Iqbal masih di Jeddah menunggu kloter 2," kata Yukanti saat diwawancarai melalui Facebook. 

Diketahui bahwa Adelia dan Iqbal menempuh pendidikan di kampus yang sama di salah satu kampus yang ada di Sudan. 

BACA JUGA:Evakuasi WNI di Sudan Bus Terguling 3 Orang Terluka

"Kalau Adelia baru satu bulan belajar ke Sudan, sudah harus pulang lagi ke Indonesia," ucap Yukanti. 

Mengenai kepulangan Adelia dan Iqbal, Yukanti mengatakan belum mengetahui kapan mereka akan bisa pulang ke Empat Lawang. 

"Belum tau baliknya. Apakah nunggu prosedur atau bisa pulang sendiri. Mohon doanya semoga dalam keadaan baik-baik saja," harap Yukanti. (Ian)

Kategori :