Siapkan Ini, Jika Ingin Sekolah di SLB Empat Lawang

Kamis 05-01-2023,16:27 WIB
Reporter : Anita Silvia
Editor : Anita Silvia

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kerap dipandang sebelah mata oleh sebagian besar orang. 

ABK memang takkan mungkin bisa menyatu dengan anak-anak normal lainnya, karena itulah Sekolah Luar Biasa (SLB) yang menampung ABK agar mendapatkan pendidikan yang pas sangat diperlukan kehadirannya. 

Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Empat Lawang beralamat di Jalan Poros, Sekip Bawah, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupapaten Empat Lawang membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

"Kalau SLB selalu terbuka berbeda dengan sekolah reguler yang harus setiap tahun ajaran baru," kata Nana Suryana selaku Kepala SLB Negeri Empat Lawang, Kamis (5/1).

Satuan pendidikannya terdiri dari SDLB, SMPLB, dan SMALB.

Visi sekolah yaitu mewujudkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang bertaqwa, terampil, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan.

Misi sekolah :

1. Membantu pemahaman, penghayatan, dan penerapan ajaran agama sehingga terbentuk insan yang berakhlak mulia dan berbudi

2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara aktif inovatif kreatif efisien dan menyenangkan

3. Menumbuhkan dan menggali potensi siswa untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki

4. Menumbuhkan rasa semangat berkompetensi

Diketahui bahwa ada lima kategori ABK di SLB Negeri Empat Lawang yakni tunagrahita, tunanetra, tunarungu, tunadaksa, dan autis.

"Anak berkebutuhan khusus wajib dan mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan," ucap Nana.

Dijelaskan olehnya, tenaga pendidik di SLB banyak dari PGSD. Meski bukan ahli dalam bidang mendidik ABK, tenaga pendidik harus memiliki metode cara mengajar yang menyesuaikan dengan ABK. 

Tenaga pendidik di SLB dituntut untuk kreatif mengajari anak-anak agar sistem belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Kategori :