Sosialisasikan AD/ART Karang Taruna

Kamis 08-12-2022,22:09 WIB
Reporter : Dika
Editor : Mael

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Pengurus organisasi Karang Taruna Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Empat Lawang, Kamis (8/12).

 

Kunjungan kerja ini dalam rangka konsolidasi dan koordinasi Temu Karya Daerah (TKD) sekaligus dalam rangka sosialisasi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Karang Taruna di Kabupaten Empat Lawang, bertempat di Ruang Rapat Kantor BAPPEDA dan LITBANG Kabupaten Empat Lawang.

 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Empat Lawang, Mobius Alahzan mengungkapkan, ada banyak perubahan di sistem keorganisasian Karang Taruna serta pengurusan di tingkat desa dan kecamatan. Juga pengesahan kepengurusan ada perubahan, juga adanya bantuan UMKM bagi Karang Taruna,

 

"Kalau   yang selama ini kita tahu hanya mengurusi olahraga pemuda-pemuda di desa saja, akan tetapi dengan adanya perubahan kalau dulu kita Karang Taruna berada di bawah pemerintah sampai sekarang tetap, akan tetapi adanya kemandirian sekarang untuk organisasi," bebernya.

 

Setiap proses pembentukan Karang Taruna di berbagai tingkatan itu melalui proses kemandirian tetapi tetap di-backup oleh pemerintah daerah. "Dengan adanya perubahan, setiap pembentukan Karang Taruna ada mandirinya dan kedepan pemerintah hanya menjadi jembatan bagi kita organisasi," imbuhnya.

 

Sementara itu, Perwakilan Karang Taruna Provinsi Sumsel, Ahmad Reza Fikri menjelaskan, kunjungan pihaknya ke Kabupaten Empat Lawang ini dalam rangka melakukan sosialisasi aturan-aturan yang ada di AD/ART yang terbaru.

 

"Ada beberapa aturan-aturan hasil dari temu karya nasional bertempat di Bogor tahun 2020 yang lalu," ujarnya.

 

Dia menyebut, adanya beberapa pasal yang berubah yaitu kepengurusan di tingkat desa dan kecamatan serta pengesahan pengurus juga ada perubahan.

 

Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang, sekaligus pembina fungsional Karang Taruna Kabupaten Empat Lawang   Eka Agustina yang turut menghadiri mengungkapkan, agar seluruh anggota dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Empat Lawang tetap semangat.

 

Hal ini penting kata Eka, supaya bisa mengalahkan kabupaten/kota yang lain walaupun Empat Lawang ini minim dana.

 

"Insha Allah, dengan semangat yang berkobar saya yakin semuanya bisa di laksanakan," katanya. (dik)

 

 

Kategori :