Berikan Tali Asih ke Veteran

Kamis 10-11-2022,23:07 WIB
Reporter : Ratih
Editor : Mael

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Sebanyak 46 Veteran se Kabupaten Empat Lawang, mendapatkan tali asih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, Kamis (10/11).

Pemberian tali asih ini diberikan langsung oleh Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, usai upacara peringatan hari Pahlawan tahun 2022, di lapangan Pemkab Empat Lawang.

Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad pada saat menyampaikan amanat Menteri Sosial RI mengatakan, peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara seremonial belaka, namun harus sarat dengan makna.

“Bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Joncik.

Dijelaskan Joncik, hari ini merupakan momentum yang luar biasa, dalam mengenang perjuangan pahlawan 70 tahun yang lalu, saat rakyat dan tentara dengan alat seadanya menggunakan bambu runcing menghadapi meriam, namun semangat pahlawan tidak tertunduk, dengan banyaknya ribuan nyawa melayang.

"Semangat warisan pahlawan ini harus kita tanamkan sekarang, pahlawan pembangunan, pahlawan yang meneruskan bagaimana kemerdekaan untuk masyarakat," terang Joncik.

Indonesia saat ini tambah dia membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan Negeri. Terlebih lagi lanjut Joncik, pada saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilan di bidangnya.

“Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia,” kata Joncik lagi.

Pada akhirnya sambung Joncik, melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan ini dirinya mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Empat Lawang untuk meneladani dan menjadikan motivasi atas perjuangan pahlawan.

“Mulai dari yang dapat kita lakukan, berawal dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang Eka Agustina, sebanyak 46 Veteran se Empat Lawang diundang dalam upacara peringatan hari pahlawan di lapangan Pemkab Empat Lawang ini.

“Kita santuni talih asih, sebanyak 120 bingkisan akan kita bagikan untuk 46 veteran yang ada dikabupaten Empat Lawang, nominalnya tidak besar tapi setiap tahun dilaksanakan,” tukasnya. (mus).

Kategori :