Gorong-gorong Jebol Diduga Karena Pengalihan Arus

Kamis 01-09-2022,19:59 WIB
Reporter : Andika
Editor : Aril Endy ST

MUARA PINANG, EMPATLAWANG.COM - Gorong-gorong Jalan lingkar Kabupaten di Kecamatan Muara Pinang, tepatnya berada di Desa Muara Pinang Baru (Siring Agung, red) rusak parah akibat lalu lalang mobil besar dengan daya angkutan lebih atau over kapasitas.

Kerusakan gorong-gorong itu membuat lobang seukuran sekitar 1,5 meter dan lebar sekitar 50 centimeter di tengah badan jalan.

Jebolnya gorong-gorong tersebut diduga kuat diakibatkan oleh lalu lalang mobil bertonase lebih semenjak peralihan arus lalu lintas, karena adanya perbaikan jalan lintas provinsi di Desa Gunung Meraksa Baru, Kecamatan Pendopo.

“Kerusakan ini sudah hampir satu Bulan, ini saja kadang-kadang kami sebagai warga yang dekat sini, sering membantu mobil Fuso yang melewati dengan membuatkan tumpuan kayu sementara,” kata Muslim (51), salah seorang warga saat dibincangi di lokasi.

Ditambahkan Muslim, wajar saja jika gorong-gorong ini jebol, karena semenjak peralihan arus lalu lintas, banyak truk bermuatan tidak kira-kira.

"Kadang saya melihat mobil yang melewati jalan ini, ada yang bermuatan 40 ton lebih. Kalau mobil yang bermuatan 10 sampai 20 ton ini sering sekali lewat," bebernya.

Kalau dibiarkan sambung dia, jalan ini akan mengalami rusak total yang dapat membuat lumpuh total akses pengedara dari atau menuju Kota Pagaralam.

"Maka saya berharap, Pemerintah dan kontraktor atau pihak penyedia jasa yang sedang mengerjakan pekerjaan perbaikan jalan lintas provinsi di wilayah Kecamatan Pendopo tersebut, agar bisa melakukan perbaikan terhadap jebolnya gorong-gorong yang berada di desa kami ini," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Muara Pinang, Faizal Hendrawan menyampaikan, jebolnya gorong-gorong tersebut sudah diusulkan pada saat pembangunan Jembatan Sungai Bayau laiu.

Camat menyebut, pada saat pembangunan Jembatan Bayau itu, kondisi gorong-gorong itu sudah mulai jebol sedikit dan pihaknya sudah menyampaikan persoalan itu ke dinas terkait.

"Sudah kita usulkan kepada pihak terkait Dinas PUPR Empat Lawang," sampainya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) H Ismail Hakim melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Eko Purwanto membenarkan adanya usulan Camat Muara Pinang untuk memperbaiki gorong-gorong tersebut.

“Ya benar, tahun ini (2022), kita perbaiki. Insyaallah dalam satu atau dua minggu ini akan direalisasikan,” kata Eko.

Saat ditanya apakah akan menginstruksikan pihak penyedia jasa yang sedang bekerja memperbaiki gorong-gorong Jalan Lintas Provinsi di Kecamatan Pendopo, pihaknya menjawab akan tetap berkoordinasi tentang itu.

“Kalau masalah itu kita akan tetap lakukan koordinasi dengan pihak provinsi,” tukasnya. 

Kategori :