Pantas Murah, Ini Perbedaan Antara TBS Sawit A dengan TBS Sawit B

Senin 25-07-2022,10:50 WIB
Editor : Aril Endy ST

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID, EMPAT LAWANG - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Empat Lawang saat ini masih berkisar dibawah Rp 1500 per kilogramnya, Senin (25/7/2022).

Di salah satu Ram sawit atau tempat jual beli TBS sawit di kawasan Pendopo harga pada Senin per kilogramnya yakni Rp 1050 untuk TBS dengan kulitas A atau nomor satu.

Sedangkan untuk TBS sawit dengan kualitas B atau nomor dua harga per kilogramnya yakni Rp 800.

"Perbedaan TBS sawit A dan B yakni terletak pada tingkat kematangan TBS tersebut," kata Sangkut salah seorang pekerja.

BACA JUGA:Pemkab Empat Lawang Bahas Persiapan HUT RI ke 77

Dimana untuk TBS sawit kualitas A sudah matang dengan sempurna atau sudah kekuningan sedangkan untuk TBS sawit dengan kulaitas B belum matang dengan sempurna.

Sementara untuk harga TBS sawit pada pengepul yang biasa melakukan pembelian langsung di kebun ataupun rumah petani sawit harganya berbeda.

Zairi yang biasa membeli sawit untuk kemudian dijual kepada pengepul bercerita jika ia membeli langsung TBS sawit di kebun-kebun dengan harga per kilogramnya Rp 400 hingga Rp 700.

BACA JUGA:Sering Terjadi Laka, Warga Minta Dipasangkan Rambu Lalin

"kalau saya memang partai kecil atau sedikit kadang beli langsung di kebun kadang juga ada yang antar ke rumah," ujarnya.

Ia bercerita kalau dia mengambil sendiri TBS sawit di kebun biasanya ia beli dengan harga Rp 400 per kilogramnya sedangkan Jika diantar atau mengambil TBS bukan di kebun per kilogramnya ia beli seharga Rp 700. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait