Diprediksi Digandeng Deru, Berikut Profil Joncik Muhammad!

Diprediksi Digandeng Deru, Berikut Profil Joncik Muhammad!

Joncik Muhammad-DISWAY NETWORK-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Eks Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya telah mendeklarasikan diri sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur Sumsel (Pilgub) 2024 di Sumsel

Bersama mantan Wali Kota Palembang, Harnojoyo sebagai wakilnya, Mawardi Yahya mengumumkan keputusannya di hadapan mantan Gubernur Sumsel, Syahrial Oesman, dan sejumlah pendukung di lapangan Golf Pertamina Palembang pada Minggu (10/3/2024) lalu.

Namun, persaingan semakin ketat dengan kabar bahwa eks Gubernur Sumsel, Herman Deru juga akan kembali bertarung di Pilgub Sumsel 2024. 

Herman Deru diprediksi akan menggandeng mantan Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, sebagai bakal calon wakil gubernur.

BACA JUGA:Joncik Muhammad Dapat Dukungan PAN Maju Pilgub Sumsel

Joncik Muhammad sendiri telah memberikan kode akan segera mendeklarasikan diri, namun menegaskan bahwa izin dari petinggi partai masih diperlukan sebelum langkah selanjutnya diambil.

Lalu, siapa Joncik Muhammad? Pria yang memiliki nama lengkap Dr. H. Joncik Muhammad, S.Si., S.H., M.M., M.H., ini memamg telah menutup lembaran kepemimpinannya selama lima tahun sebagai Bupati Empat Lawang periode 2018–2023 dengan serangkaian pencapaian yang membanggakan. 

Sebagai politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN), Joncik telah membuktikan bahwa latar belakang sederhana tidak menghalangi seseorang untuk mencapai puncak kesuksesan.

Lahir di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Empat Lawang, pada 4 November 1970 silam, Joncik Muhammad adalah bukti nyata dari pepatah 'dari rakyat untuk rakyat'. 

BACA JUGA:Joncik Muhammad Diisukan Maju Pilgub Sumsel 2024

Putra seorang buruh tani ini telah menunjukkan bahwa pendidikan adalah kunci untuk mengubah nasib. Dengan beasiswa, ia berhasil menuntaskan studi di Universitas Gadjah Mada dan meraih gelar sarjana di Fakultas Geografi.

Karier politiknya dimulai di DPRD Kabupaten Lahat, di mana ia melayani selama dua periode dan menjabat sebagai Ketua Komisi C. 

Setelah pemekaran wilayah, ia terpilih sebagai Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang dan kemudian sebagai Wakil Ketua. 

Pada tahun 2018, Joncik Muhammad bersama Yulius Maulana S.T., seorang politisi PDI Perjuangan, mereka berhasil memenangkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang dengan dukungan mayoritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: